Senin, 01 Oktober 2012

Akhlak Mulia Rimbawan yg Harus Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

SEMBILAN NILAI DASAR RIMBAWAN


1.      Jujur
Adalah sikap ketulusan hati dalam melaksanakan tugas dan kemampuan untuk tidak menyalahgunakan wewenang yang diberikan kepadanya.

2.      Tanggung Jawab
Adalah kemauan dan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan kepadanya dengan sebaik-baiknya dan tepat pada waktunya serta berani memikul resiko atas putusan yang diambil atau tindakan yang dilakukannya.

3.      Ikhlas
Adalah sikap rela sepenuh hati, datang dari lubuk hati, tidak mengharapkan imbalan atau balas jasa atas sesuatu perbuatan khususnya yang berdampak positif pada orang lain, dan semata-mata karena menjalankan tugas/amanah Tuhan Yang Maha Esa.

4.      Disiplin
Adalah sikap mental yang tercermin dalam perbuatan dan perilaku pribadi atau kelompok, berupa kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan kerja, hukum dan norma kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang dilakukan secara sadar.

5.      Visioner
Adalah mempunyai wawasan/pandangan jauh kemasa depan dan arah tujuan yang ingin diwujudkan.

6.      Adil
Adalah perbuatan yang dilandasi rasa tidak sewenang-wenang, tidak memihak (netral) serta secara profesional sesuai peraturan/hukum yang berlaku.

7.      Peduli
Adalah sikap memperhatikan orang lain dan lingkungan sebagaimana ia memperhatikan dirinya sendiri.

8.      Kerjasama
Adalah kemauan dan kemampuan untuk bekerja sama dengan semua pihak dalam menyelesaikan suatu tugas yang ditentukan sehingga mencapai hasil guna dan daya guna yang sebesar-besarnya.

9.      Profesional
Adalah kemampuan konseptual, analitis dan teknis dalam bekerja yang diperoleh melalui pendidikan atau diklat yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, berorientasi penghargaan dan kepuasan bersama sehingga keputusan dan tindakannya didasari atas rasionalitas dan etika profesi.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar